Gallery

Kamis, 09 Agustus 2012

Pilihlah yang Baik maka Anda akan Mendapatkan yang Baik

Siapa sih orang yang tidak ingin berbahagia dalam kehidupan ini?
Tidak ada kan?
Tapi apakah semua orang yang hidup bisa merasakan kebahagiaan yang seutuhnya dalam detik demi detik kehidupan mereka?. Mungkin tidak.
Apa sih yang menyebabkan kita itu berbahagia? Dan bagaimana cara supaya kita bisa lebih mudah berbahagia dalam menjalani kehidupan? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut marilah kita bahas hal-hal tersebut pada artikel ini.

Kualitas Pilihan Menentukan Kualitas Kehidupan

Pernah dengar ungkapan tersebut? Bahwa kualitas hidup seseorang sangat ditentukan oleh kualitas pilihannya?.
Ini adalah konsep yang sangat logis dan luar biasa, dan memang benar bahwa kualitas pilihan kita akan sangat menentukan kualitas kehidupan kita. Contohnya orang yang memilih untuk bekerja keras agar mendapatkan rezeki yang lebih dari Tuhan, maka hidupnya jadi berezeki baik.
Orang yang memilih menjadi (maaf) koruptor maka hidupnya bisa kita lihat sendiri seperti apa. Politisi-politisi tertentu yang tidak amanah, apakah hidup mereka baik? Tentu tidak, kita bisa lihat sendiri di TV bagaimana para koruptor dihujat dan seperti serendah-rendahnya seorang manusia.
So, mulai sekarang.. yuk kita tidak perlu memusingkan hal-hal diluar kendali kita. Lebih baik kita berfokus pada kewenangan yang sudah diberikan Tuhan pada kita. Bahwa kita diberi kuasa untuk memilih yang baik. Ya pilih yang baik maka hidupmu akan baik. Begitulah kata Tuhan.
Untuk latihan memilih hal yang baik bisa kita lakukan dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dengan :
  • Lebih memilih untuk tampil ramah dan ceria, meski kita sedang punya masalah. Dengan bersikap seperti ini kita akan lebih mudah mendapat teman :) .
  • Lebih memilih untuk membeli kebutuhan yang kita butuhkan, bukan membeli sesuatu agar kita tidak terlihat miskin.
  • Lebih memilih banyak melakukan kegiatan bermanfaat dibanding hanya malas-malasan.
  • Lebih memilih bersikap berani terhadap masalah-masalah yang kita hadapi.
  • dan masih banyak lagi contoh latihan memilih yang bisa kita terapkan.

Lalu Apa Benar Kualitas Pilihan Ditentukan Oleh Kualitas Hati?

Ya betul :) , kualitas hati kita sangat menentukan kualitas pilihan kita. Orang yang hatinya baik, apakah tega melakukan kejahatan seperti misalnya menjadi pemimpin yang tidak amanah? Tentu tidak. Orang yang hatinya baik pasti hidupnya baik.
So, kita dapat satu konsep baru lagi bahwa orang yang baik pasti dapat yang baik, termasuk dalam kehidupan. Kalau kita baik maka Tuhan selalu memberikan yang baik bagi kita. Apa pernah Tuhan mau memberi kita keburukan untuk merendahkan kita? Tidak. Ingat tujuan penciptaan kita adalah menjadi semulia-mulianya jiwa yang bermanfaat bagi sesama.
Lalu bagaimana cara memiliki hati yang baik?
Satu hal yang pernah saya pelajari dari Pak Mario Teguh adalah kalau kita mau punya hati yang baik, maka kita harus punya pikiran yang baik. Sebab kualitas hati ditentukan oleh kualitas pikiran seseorang. Untuk mendapatkan kualitas pikiran yang baik bisa kita lakukan dengan cara seperti berikut ini.
  1. Belajar. Ya pelajari orang-orang besar, pelajari bagaimana sikap mereka, bagaimana pilihan-pilihan baik mereka. Untuk itu ada pepatah jangan pernah berhenti belajar selama kita hidup. Sebab sepanjang hidup kita haruslah menjadi insan yang banyak belajar. Ingat lho, Tuhan meninggikan kualitas hidup orang yang berilmu. Apalagi kalau ilmunya bermanfaat bagi orang lain :) .
  2. Ibadah. Dekat dengan Tuhan adalah cara terbaik untuk mendapatkan kualitas pikiran yang baik. So, mulai dari sekarang sadari keberadaan Tuhan, dekati Tuhan dan manja lah kepada-Nya. Katakan pada Tuhan, Ya Tuhanku Yang Maha Baik, boleh ya Tuhan? Karuniakanlah aku pikiran yang baik agar hatiku baik dan hidupku juga baik :) .
Nah itu dia beberapa hal-hal pokok yang sederhana yang bisa kita bahas pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan bahasan kita kali ini bisa bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk menjadi pribadi yang lebih sukses.
Tetap semangat!!
Salam Super
--------------------------------------------
Jefferly Helianthusonfri

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar